بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Kamis, 25 Juli 2013

Puasa dan Esensi Takwa



Betapa banyak orang berpuasa tidak mendapatkan apapun kecuali rasa lapar dan haus belaka (HR Muslim).
Takwa, sebagaimana kita ketahui, adalah ‘harapan’ yang Allah SWT kehendaki dari seorang Mukmin setelah menunaikan shaum atau puasa selama Ramadhan. Karena itu, boleh dikatakan takwa sejatinya adalah ‘buah’ dari shaum atau puasa yang dilakukan seorang Mukmin. Persoalannya, sebagaimana sabda Baginda Nabi Muhammad saw., “Betapa banyak orang berpuasa tidak mendapatkan apapun kecuali rasa lapar dan haus belaka.” (HR Muslim). Mengapa demikian? Itulah sejatinya pertanyaan yang harus selalu menjadi bahan renungan bagi setiap Mukmin. Di sini pula setiap Mukmin sejatinya memahami kembali esensi ketakwaan, dengan harapan bisa benar-benar menjadi orang yang bertakwa.
Apa itu takwa atau siapa sesungguhnya orang bertakwa itu? Saat menafsirkan al-Quran surat al-Baqarah ayat 1-5, Imam Ali ash-Shabuni menyatakan. “Orang-orang bertakwa adalah orang-orang yang takut terhadap murka Allah SWT dengan cara melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.”
Beliau pun mengutip pernyataan Ibnu ‘Abbas ra. yang menyatakan, “Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang takut dengan perbuatan syirik (menyekutukan Allah SWT) sembari menjalankan ketaatan kepada Allah SWT.”
Adapun menurut Imam Hasan al-Bashri, “Orang-orang bertakwa adalah mereka yang takut terhadap apa saja yang telah Allah SWT larang atas diri mereka dan menunaikan apa saja yang telah Allah SWT wajibkan atas diri mereka.”  (Lihat: Ali ash-Shabuni, Shafwah at-Tafasir, I/26).
Pengertian takwa inilah yang sering dikutip oleh para ulama dalam sejumlah kitab mereka. Dengan demikian, jika memang takwa adalah buah dari shaum Ramadhan yang dilakukan oleh setiap Mukmin, idealnya usai Ramadhan, setiap Mukmin senantiasa takut terhadap murka Allah SWT dengan cara selalu berupaya menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya, selalu berupaya menjauhi kesyirikan, senantiasa menjalankan ketaatan, memiliki rasa takut untuk melakukan perkara-perkara yang haram dan senantiasa berupaya menjalankan semua kewajiban yang telah Allah SWT bebankan kepada dirinya.
Menjalankan semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya tentu bermakna melaksanakan seluruh perintah-Nya dan meninggalkan semua larangan-Nya baik terkait ‘aqidah dan ubudiah; makanan, minuman, pakaian dan akhlak; muamalah (ekonomi, politik, pendidikan, pemerintahan, sosial, budaya, dll); maupun ‘uqubat (sanksi hukum) seperti hudud, jinayat, ta’zir maupun mukhalafat. Bukan takwa namanya jika seseorang biasa melakukan shalat, melaksanakan shaum Ramadhan atau bahkan menunaikan ibadah haji ke Baitullah; sementara ia biasa memakan riba, melakukan suap dan korupsi, mengabaikan urusan masyarakat, menzalimi rakyat dan enggan terikat dengan syariah Islam di luar yang terkait dengan ibadah ritual.
Selalu berupaya menjauhi kesyirikan maknanya adalah tidak menyekutukan Allah SWT dengan makhluk-Nya baik dalam konteks ‘aqidah maupun ibadah; termasuk tidak meyakini sekaligus menjalankan hukum apapun  selain hukum-Nya, karena hal itu pun bisa dianggap sebagai bentuk kesyirikan. Allah SWT berfirman (yang artinya): Orang-orang Yahudi dan Nasrani telah menjadikan para pendeta dan para rahib mereka sebagai tuhan-tuhan selain Allah (TQS at-Taubah [9]: 31).
Terkait ayat ini, ada sebuah peristiwa menarik. Diriwayatkan, bahwa saat Baginda Rasulullah saw. membaca ayat ini, kebetulan datanglah Adi bin Hatim kepada beliau dengan maksud hendak masuk Islam. Saat Adi bin Hatim—yang ketika itu masih beragama Nasrani—mendengar ayat tersebut, ia kemudian berkata, “Wahai Rasulullah, kami (orang-orang Nasrani, pen.) tidak pernah menyembah para pendeta kami.” Akan tetapi, Baginda Nabi saw. membantah pernyataan Adi bin Hatim sembari bertanya dengan pertanyaan retoris, “Bukankah  para pendeta kalian biasa menghalalkan apa yang telah Allah hatramkan dan mengharamkan apa yang telah Allah halalkan, lalu kalian pun menaatinya?” Jawab Adi bin Hatim, “Benar, wahai Rasulullah.” Beliau tegas menyatakan, “Itulah bentuk penyembahan kalian terhadap para pendeta kalian.” (Ath-Thabari, Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, X/210; al-Baghawi, Ma’alim at-Tanzil, IV/39)
Saat ini, posisi para pendeta dan para rahib itu telah digantikan oleh para penguasa maupun wakil rakyat dalam sistem demokrasi. Pasalnya, merekalah saat ini yang biasa membuat hukum yang banyak menghalalkan apa yang telah Allah haramkan dan mengharamkan apa yang telah Allah haramkan. Tentu saja, sebagai wujud dari ketakwaan kita, kita dilarang menaati apapun produk hukum buatan mereka yang nyata-nyata  bertentangan dengan hukum-hukum Allah SWT.
Di sinilah pentingnya kita senantiasa hanya menaati Allah SWT dan Rasul-Nya dengan hanya menjalankan dan menaati syariah-Nya, seraya membuang hukum-hukum selain hukum-hukum-Nya. Itulah esensi ketakwaan kita, yang sejatinya kita petik sebagai buah dari shaum kita selama Ramadhan.
Wa ma tawfiqi illa billah

http://hizbut-tahrir.or.id/2013/07/25/puasa-dan-esensi-takwa/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar