بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Rabu, 20 November 2013

Arsip Sejarah: Surat Duta Besar Inggris Inggris Meminta Bantuan Kepada Khilafah Ustmani (1558) dengan Penuh Hormat Melawan Armada Spanyol

 
Duta Besar Inggris yang Meminta Bantuan Kholifah : Memohon Kepada Daulah Ustmani yang Mulia dan Bermartabat  dan Aturan Hukum Islam

Surat , yang ditulis pada 1588 atas permintaan Ratu Inggris, saat ini disimpan di Royal English Archives di Berkshire, Inggris. Dalam surat ini, Duta Besar Inggris di Istanbul, William Harborne, mendorong Sultan Murad III untuk melemahkan kekuatan Armada Spanyol yang disebutnya “tidak terkalahkan” untuk mencegah serangan lanjutan atas Inggris.
“Permintaan ini ditujukkan kepada Sultan yang terhormat yang kepadanya kami berterima kasih, yang dilindungi alam semesta, dan yang memiliki kekuatan, kekayaan, dan kesucian. Pelayanmu telah diwajibkan oleh Tuhan untuk menjaga hubungan damai dan suci antara Anda dan Ratu Inggris. Pelayanmu telah menerima tugas ini dengan setia dan rela selama sembilan tahun sebelumnya, dan berharap bahwa Yang Mulia akan memanfaatkan kekuatan dan diberi kekuasaan untuk memusnahkan musuh kita bersama, yakni orang-orang pagan.
Dengan nama Allah, saya menyerukan kepada Anda untuk mengasihi pelayanmu yang berdosa ini, jika Anda tidak begitu ingin untuk menunjukkan kekuatan melawan orang-orang pagan  ini [Raja Spanyol] sedemikian rupa, maka mohon kirimkan setidaknya enam puluh atau delapan puluh kapal untuk melemahkan mereka. Selanjutnya, Tuanku adalah seorang wanita yang karena sifat alaminya tidak suka akan peperangan; maka, atasnya berlaku kehendak Allah tentang masalah ini dalam kapasitasnya. Jika ditinggalkan oleh seorang teman setia, yang meletakkan baik hidupnya maupun kekayaanya dalam kepercayaan Anda, makan hal ini akan mengejutkan dunia pada saat yang kritis ini.
Yang Mulia, segera dikirimkanya armada Anda untuk Ratu saya akan menjunjung tinggi kehormatan dan martabat Daulah Uthmani sesuai dengan perintah Allah SWT dan hukum Islam. Jika Anda berkenan, orang-orang Spanyol yang sombong itu, Paus yang tidak sah, dan para pendukung mereka tidak hanya akan kehilangan harapan untuk meraih kemenangan, melainkan mereka juga harus dihukum karena kesombongan mereka. Tuhan hanya melindungi orang-orang yang dekat kepada-Nya, melalui tangan Anda, Dia akan menghukum dan menghancurkan orang-orang pagan, dan meninggalkan orang-orang yang tetap menyembah Allah yang benar yang kita kenal. Semoga Allah memberikan kemenangan dan memberkati mereka yang berada di jalan yang benar.”
Sultan Murad III menanggapi surat tersebut dan menyatakan, “Sebagaimana teman-teman kami yang kami hormati dan lindungi di masa lalu, Ratu Inggris juga akan diperlakukan sama pada hari ini.”(sumber : Ottoman History Picture Archives)

http://hizbut-tahrir.or.id/2013/11/20/arsip-sejarah-surat-duta-besar-inggris-inggris-meminta-bantuan-kepada-khilafah-ustmani-1558-dengan-penuh-hormat-melawan-armada-spanyol/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar